Senin, 04 April 2016

Sambungan (akhir) Introspeksi Kompetensi Pendidik.

Stelah kita menskor kompetensi personal, sosial, dan pedagogik, pada bagian akhir ayo kita skor kompetensi profesional kita selaku pendidik.
Pernyataan tentang Kompetensi Professional (16 pernyataan)

1
Saya memiliki wawasan tentang  ilmu-ilmu dasar yang berkenaan dengan bidang/mata pelajaran yang saya ampu 
2
Saya memahami teknologi murni dan teknologi terapan berkenaan dengan bidang/mata pelajaran yang saya ampu
3
Saya menguasai teknologi murni dan teknologi terapan berkenaan dengan bidang/mata pelajaran yang saya ampu
4
Saya menguasai seni dan kiat transformasi dan penerapan materi bidang/mata pelajaran yang saya ampu
5
Saya memahami keterkaitan pokok materi bidang/mata pelajaran yang saya ampu dengan mata pelajaran lain sesuai kurikulum satuan pendidikan
6
Saya mampu meramu keterkaitan materi mata pelajaran yang saya ampu dengan mata pelajaran lain yang  bersesuaian
7
Saya paham dan mampu menentukan pokok materi mata pelajaran yang saya ampu dengan kondisi atau pengalaman nyata di masyarakat
8
Saya selalu mempelajari konsep, teori, atau hasil penelitian yang berkenaan dengan mata pelajaran yang saya ampu
9
Saya melakukan penelitian dalam skala terbatas tentang materi yang ada dalam mata pelajaran yang saya ampu
10
Saya selalu melakukan kajian perluasan dari topic-topik yang terkandung dalam mata pelajaran yang saya ampu
11
Saya selalu melakukan kajian untuk memerinci dan mendalami topic-topik yang terkandung dalam mata pelajaran yang saya ampu
12
Saya selalu mencari bacaan terkait dengan segala perkembangan topic-topik kandungan mata pelajaran yang saya ampu
13
Saya selalu mempelajari dan mencari dasar hukum untuk penerapan materi mata pelajaran yang saya ampu
14
Saya melakukan percobaan dan pembaharuan tentang teknologi dan kiat berkenaan dengan materi mata pelajaran yang saya ampu
15
Saya mengikuti forum ilmiah berkenaan dengan inovasi, adopsi, dan modifikasi materi – materi yang terkandung dalam mata pelajaran yang saya ampu
16
Saya menulis dan mempublikasikan temuan atau pengalaman nyata tentang inovasi, adopsi, atau modifikasi materi kandungan mata pelajaran yang saya ampu.

Tidak ada komentar: