Senin, 04 April 2016

AYO INTROSPEKSI KOMPETENSI KITA

Selaku pendidik, khususnya pendidik PAUD dan DIKMAS kita perlu selalu introspeksi apakah kita kompeten selaku pendidik atau belum kompeten. Di bawah ini beberapa pernyataan yang mudah - mudahan bisa membantu kita melakukan introspeksi tersebut.
Setiap pernyataan boleh kita gunakan sebagai alat penilai diri berkenaan dengan kemampuan kita terhadap apa - apa yang dinyatakan dalam pernyataan tersebut. Kita boleh memberikan skor antara 10 hingga 100 pada setiap pernyataan. Skoring tersebut merupakan penilaian diri kita terkait isi pernyataan tersebut. Setelah semua pernyataan kita cermati dan tanggapi dengan pemberian skor, kemudian jumlahkanlah semua skor tersebut, untuk kemudian dibagi jumlah pernyataan. Sehingga akan diperoleh skor akhir.
Skor akhir inilah hasil introspeksi kompetensi masing - masing kita selaku pendidik.
Pernyataan tentang Kompetensi Personal (36 pernyataan).

1
Saya memiliki dan berprilaku sesuai ahlaq mulia saat di hadapan peserta didik
2
Saya berprilaku sesuai ahlaq mulia saat sendirian atau menyendiri
3
Saya berahlaq mulia saat bersama anak dan istri saya dimanapun
4
Saya memiliki dan berprilaku sesuai ahlaq mulia saat berinteraksi dengan orangtua peserta didik  dan masyarakat,
5
Saya berprilaku sesuai ahlaq mulia saat bergaul dengan pimpinan dan sejawat
6
Saya selalu bersikap dan berprilaku secara arif (bijaksana) dalam menanggapi prilaku peserta didik
7
Saya selalu berlaku bijaksana dalam menghadapi prilaku anak dan istri
8
Saya berprilaku bijaksana dalam bergaul dan menghadapi kehidupan bemasyarakat
9
Saya selalu yakin dan mantap dengan pilihan saya dalam hal apapun
10
Saya yakin dan mantap menjadi Tutor, demi berbuat baik kepada sesame mahluq dalam rangka pengabdian kepada Dzat Pencipta (Allah)
11
Saya yakin dan mantap menjadi Tutor, walaupun honorarium tidak sebanding dengan kemampuan saya
12
Menjadi Tutor merupakan pilihan saya sebagai perwujudan keyakinan dan kemantapan saya terhadap pekerjaan ini
13
Saya selalu berwibawa di hadapan peserta didik dan sejawat
14
Saya selalu berwibawa di hadapan orangtua peserta didik dan masyarakat
15
Wibawa saya tergantung pada prilaku dan pendirian saya dalam berbuat baik kepada siapapun/apapun.
16
Saya selalu jujur kepada Tuhan dan diri saya

17
Saya selalu jujur kepada Orangtua dan keluarga saya

18
Saya selalu jujur kepada peserta didik, staf, sejawat, dan atasan saya
19
Saya selalu jujur kepada masyarakat dan alam

20
Saya adalah teladan bagi anak dan istri saya

21
Saya selalu menjadi teladan bagi peserta didik

22
Saya selalu menjadi teladan bagi staf, sejawat, dan masyarakat
23
Saya menjadi teladan bagi keluarga besar saya

24
Saya selalu merasa kondisi jiwa saya adalah stabil

25
Saya selalu berusaha supaya kondisi jiwa saya selalu stabil
26
Saya selalu stabil dalam bersikap dan berprilaku positif
27
Saya selalu bersikap dan berprilaku dewasa dalam segala hal
28
 Saya selalu objektif melihat dan menilai prestasi dan prilaku peserta didik
29
Saya selalu objektif melihat dan menilai diri sendiri

30
Saya selalu menilai prestasi dan kinerja diri sendiri untuk membuat rencana peningkatan kualitas diri
31
Saya selalu membuat rencana peningkatan mutu diri, termasuk mutu kemampuan mendidik setiap tahun
32
Saya selalu berdialog, berdiskusi, berbagi dengan orang lain dalam meningkatkan mutu diri saya
33
Saya selalu menyadari bahwa keberadaan dan kwalitas diri saya ditentukan oleh Tuhan Yang Mahaesa
34
Saya selalu berikhtiar/berusaha secara mandiiri untuk meningkatkan kemampuan kependidikan saya supaya peserta didik mencapai tujuan kependidikannya secara puas hati.
35
Saya selalu membaca bacaan berkenaan dengan peningkatan kemampuan kependidikan dan keilmuan yang saya ampu
36
Saya selalu bersyukur (berterima kasih) kepada Allah - Tuhan Yang Mahaesa, peserta didik, atasan, staf, sejawat, dan keluarga saya dalam mencapai keberadaan saya saat ini. 
  Pernyataan tentang Kompetensi Sosial (20 pernyataan)

1
Saya memiliki wawasan tentang  ilmu komunikasi dan sosialisasi dengan masyarakat 
2
Saya memahami karakteristik budaya, sosial, ekonomi, adat, dan kebiasaan  masyarakat
3
Saya selalu berkomunikasi lisan dan/atau tertulis dengan peserta didik setiap hari
4
Saya selalu berkomunikasi lisan dan/atau tertulis dengan pimpinan dan rekan sejawat  setiap hari
5
Saya selalu berkomunikasi lisan dan/atau tertulis dengan keluarga, orang tua peserta didik, dan masyarakat setiap hari
6
Saya selalu melakukan komunikasi secara dialogis dan berkesetaraan
7
Saya selalu berkomunikasi lisan dan/atau tertulis dengan peserta didik perihal pembelajaran dan/atau topic lainnya  setiap hari
8
Saya selalu berkomunikasi lisan dan/atau tertulis dengan peserta didik setiap hari dengan jumlah yang meningkat
9
Saya memanfaatkan media sosial dalam berkomunikasi dengan orang lain, termasuk peserta didik
10
Saya selalu memanfaatkan alat/teknologi informasi/komunikasi dalam berkomunikasi secara fungsional.
11
Saya mampu mengoperasikan alat/teknologi informasi secara fungsional dan efektif  
12
Saya selalu berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, orangtua peserta didik, teman sejawat, pimpinan, dan masyarakat
13
Saya bergaul dengan peserta didik secara efektif, baik dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran
14
Saya bergaul dengan orang tua peserta didik secara efektif, baik dalam hal pendidikan maupun diluar pendidikan
15
Saya bergaul dengan teman sejawat secara efektif, baik dalam hal pendidikan maupun diluar pendidikan
16
Saya bergaul dengan pimpinan secara efektif, baik dalam hal pendidikan maupun diluar pendidikan
17
Saya bergaul dengan masyarakat  secara efektif, baik dalam hal pendidikan maupun diluar pendidikan
18
Saya bergaul dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun dan selalu mengindahkan norma dan sistem nilai yang berlaku
19
Saya selalu menerapkan prinsip persaudaraan dan kebersamaan dalam berkomunikasi dan pergaulan yang saya lakukan
20
Saya memanfaatkan forum pertemuan masyarakat untuk melakukan komunikasi dan pergaulan dengan masyarakat

Tidak ada komentar: