Setelah terposting pada postingan terdahulu tentang Introspeksi Kompetensi Personal dan Sosial, berikut ini lanjutannya berupa Introspeksi Kompetensi Pedagogik.
Pernyataan tentang Kompetensi Pedagogik (36 pernyataan)
1
|
Saya memiliki wawasan tentang filosofi
dan kaidah – kaidah kependidikan
|
2
|
Saya memahami bahwa pendidikan harus
dikelola secara sistematis, sistemik, dan sungguh – sungguh dengan
berorientasi pada transformasi kebaikan untuk kebaikan kini dan masa yang
akan datang
|
3
|
Saya memahami peran dan fungsi
pendidik sangat penting dalam proses
pendidikan.
|
4
|
Saya memahami bahwa peran pendidik
tidak akan maksimal tanpa kontribusi berimbang dari komponen pendidikan
lainnya, terutama peserta didik.
|
5
|
Saya memahami bahwa pendidikan
terbangun oleh ilmu komunikasi, psikologi, sosiologi, anthropologi, dan ilmu
dasar lainnya.
|
6
|
Saya memiliki wawasan tentang
kesejarahan ilmu dan praktek pendidikan sejak dahulu hingga kini.
|
7
|
Saya memahami konsep dan scenario
pembangunan bidang pendidikan di Indonesia sejalan dengan era otonomi daerah
dan pemberdayaan masyarakat
|
8
|
Saya sangat memahami karakteristik
umum peserta didik program Pendidikan Kesetaraan.
|
9
|
Saya memahami karakteristik peserta
didik secara personal, terutama dalam kelas yang saya kelola
|
10
|
Saya memahami kebiasaan, perkembangan
psikologi, perkembangan belajar, hobi, kecepatan belajar, dan permasalahan belajar
peserta didik.
|
11
|
Saya selalu memahami dan menghargai
serta memotivasi peserta didik
|
12
|
Saya memahami kondisi sosial, ekonomi,
keluarga, dan lingkungan kehidupan peserta didik
|
13
|
Saya sangat memahami tujuan program
dan kurikulum pendidikan kesetaraan, terutama program Paket C.
|
14
|
Saya selalu mengikuti perkembangan
atau perubahan kurikulum program pendidikan kesetaraan
|
15
|
Saya memiliki catatan – catatan
masukan atau perhatian khusus tentang penguatan implementasi kurikulum pendidikan kesetaraan di masyarakat
|
16
|
Saya selalu mempelajari dan mengacu
pada syllabus program Paket C saat mempersiapkan pembelajaran untuk peserta
didik
|
17
|
Saya selalu memasukkan unsure
kedaerahan dan kefungsionalan serta mata pencaharian ke dalam materi ajar
dengan tetap mengacu pada kurikulum atau syllabus program pendidikan
kesetaraan.
|
18
|
Saya selalu membuat/menyusun RPP
dengan mengacu pada kurikulum dan syllabus hasil pengembangan saya dan
kawan-kawan sejawat.
|
19
|
Saya selalu menyusun RPP dengan
mengakomodasi antisipasi kondisi nyata saat pembelajaran serta memanfaatkan metode
dan sumber belajar dari lingkungan sekitar peserta didik
|
20
|
Saya selalu membuat atau menyiapkan
alat peraga dan bahan ajar untuk memperkuat efektivitas dan inovasi
pembelajaran.
|
21
|
Saya selalu menyusun instrument atau alat penilaian dalam setiap sessi
pembelajaran dan setiap kurun tertentu.
|
22
|
Saya selalu mencermati kondisi waktu,
cuaca, perlengkapan belajar, dan kondisi peserta didik sesaat sebelum sessi
pembelajaran mulai.
|
23
|
Saya selalu mengecek ulang kelengkapan
pembelajaran yang saya siapkan untuk pembelajaran.
|
24
|
Saya selalu mengawali sessi belajar
dengan berdo’a kepada Tuhan Yang Mahaesa, dilanjutkan dengan menyapa kondisi
dan kesiapan belajar peserta didik.
|
25
|
Saya selalu melakukan apersepsi dengan
pengalaman peserta didik.
|
26
|
Saya selalu menggunakan metode belajar partisipatif dalam pembelajaran.
|
27
|
Saya selalu membuat kelompok kecil
peserta didik dalam pembelajaran demi efektivitas pembelajaran.
|
28
|
Saya selalu mendekati tiap peserta didik
secara personal dalam pembelajaran untuk memotivasi dan mengatasi
permasalahan belajar mereka.
|
29
|
Saya selalu mengutamakan dialog
antarpeserta didik untuk mencapai pemahaman materi.
|
30
|
Saya selalu mengakhiri sessi belajar
dengan evaluasi dan penugasan pengayaan materi.
|
31
|
Saya selalu mengarahkan pengayaan
materi oleh peserta didik dengan optimalisasi sumber – sumber belajar di
lingkungannya.
|
32
|
Saya selalu memberikan tes tertulis
saat evaluasi akhir sessi.
|
33
|
Saya selalu mengolah hasil tes akhir
sessi, menginformasikannya kepada peserta didik, dan menuliskan catatan –
catatan pada buku kemajuan belajar tersendiri.
|
34
|
Saya selalu menginformasikan perkembangan
belajar peserta didik kepada sejawat, dan orangtuanya, serta melaporkan
kepada pimpinan.
|
35
|
Saya selalu menggunakan modul,
perangkat teknologi informasi (laptop, LCD, film) dalam pembelajaran
|
36
|
Saya selalu memberikan bimbingan
personal dan kelompok peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi peserta
didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar