Senin, 04 April 2016

Sambungan Introspeksi Kompetensi Pendidik.

Setelah terposting pada postingan terdahulu tentang Introspeksi Kompetensi Personal dan Sosial, berikut ini lanjutannya berupa Introspeksi Kompetensi Pedagogik.
Pernyataan tentang Kompetensi Pedagogik (36 pernyataan)

1
Saya memiliki wawasan tentang filosofi dan kaidah – kaidah kependidikan  
2
Saya memahami bahwa pendidikan harus dikelola secara sistematis, sistemik, dan sungguh – sungguh dengan berorientasi pada transformasi kebaikan untuk kebaikan kini dan masa yang akan datang
3
Saya memahami peran dan fungsi pendidik sangat penting dalam  proses pendidikan.
4
Saya memahami bahwa peran pendidik tidak akan maksimal tanpa kontribusi berimbang dari komponen pendidikan lainnya, terutama peserta didik.
5
Saya memahami bahwa pendidikan terbangun oleh ilmu komunikasi, psikologi, sosiologi, anthropologi, dan ilmu dasar lainnya.
6
Saya memiliki wawasan tentang kesejarahan ilmu dan praktek pendidikan sejak dahulu hingga kini.
7
Saya memahami konsep dan scenario pembangunan bidang pendidikan di Indonesia sejalan dengan era otonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat
8
Saya sangat memahami karakteristik umum peserta didik program Pendidikan Kesetaraan. 
9
Saya memahami karakteristik peserta didik secara personal, terutama dalam kelas yang saya kelola
10
Saya memahami kebiasaan, perkembangan psikologi, perkembangan belajar, hobi, kecepatan belajar, dan permasalahan belajar peserta didik.
11
Saya selalu memahami dan menghargai serta memotivasi peserta didik
12
Saya memahami kondisi sosial, ekonomi, keluarga, dan lingkungan kehidupan peserta didik
13
Saya sangat memahami tujuan program dan kurikulum pendidikan kesetaraan, terutama program Paket C.
14
Saya selalu mengikuti perkembangan atau perubahan kurikulum program pendidikan kesetaraan

15
Saya memiliki catatan – catatan masukan atau perhatian khusus tentang penguatan implementasi  kurikulum pendidikan kesetaraan di masyarakat
16
Saya selalu mempelajari dan mengacu pada syllabus program Paket C saat mempersiapkan pembelajaran untuk peserta didik
17
Saya selalu memasukkan unsure kedaerahan dan kefungsionalan serta mata pencaharian ke dalam materi ajar dengan tetap mengacu pada kurikulum atau syllabus program pendidikan kesetaraan.
18
Saya selalu membuat/menyusun RPP dengan mengacu pada kurikulum dan syllabus hasil pengembangan saya dan kawan-kawan sejawat.
19
Saya selalu menyusun RPP dengan mengakomodasi antisipasi kondisi nyata saat pembelajaran serta memanfaatkan metode dan sumber belajar dari lingkungan sekitar peserta didik
20
Saya selalu membuat atau menyiapkan alat peraga dan bahan ajar untuk memperkuat efektivitas dan inovasi pembelajaran.
21
Saya selalu menyusun instrument  atau alat penilaian dalam setiap sessi pembelajaran dan setiap kurun tertentu.
22
Saya selalu mencermati kondisi waktu, cuaca, perlengkapan belajar, dan kondisi peserta didik sesaat sebelum sessi pembelajaran mulai.
23
Saya selalu mengecek ulang kelengkapan pembelajaran yang saya siapkan untuk pembelajaran.
24
Saya selalu mengawali sessi belajar dengan berdo’a kepada Tuhan Yang Mahaesa, dilanjutkan dengan menyapa kondisi dan kesiapan belajar peserta didik.
25
Saya selalu melakukan apersepsi dengan pengalaman peserta didik.
26
Saya selalu menggunakan metode belajar partisipatif dalam pembelajaran.
27
Saya selalu membuat kelompok kecil peserta didik dalam pembelajaran demi efektivitas pembelajaran.
28
 Saya selalu mendekati tiap peserta didik secara personal dalam pembelajaran untuk memotivasi dan mengatasi permasalahan belajar mereka.
29
Saya selalu mengutamakan dialog antarpeserta didik untuk mencapai pemahaman materi.

30
Saya selalu mengakhiri sessi belajar dengan evaluasi dan penugasan pengayaan materi.

31
Saya selalu mengarahkan pengayaan materi oleh peserta didik dengan optimalisasi sumber – sumber belajar di lingkungannya.
32
Saya selalu memberikan tes tertulis saat evaluasi akhir sessi.
33
Saya selalu mengolah hasil tes akhir sessi, menginformasikannya kepada peserta didik, dan menuliskan catatan – catatan pada buku kemajuan belajar tersendiri.
34
Saya selalu menginformasikan perkembangan belajar peserta didik kepada sejawat, dan orangtuanya, serta melaporkan kepada pimpinan.
35
Saya selalu menggunakan modul, perangkat teknologi informasi (laptop, LCD, film) dalam pembelajaran
36
Saya selalu memberikan bimbingan personal dan kelompok peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik. 

Tidak ada komentar: